DETEKSI

Deteksi Perkembangan Anak

Setiap anak  berkembang sesuai karakteristiknya masing-masing. Sebagian lebih cepat dalam beberapa hal, namun lambat dalam hal lainnya. Wajar jika kemudian ada seorang anak yang melampaui tahap merangkak, namun sedikit lambat perkembangan bicaranya. Deteksi perkembangan anak membantu orang tua  menilai capaian perkembangan fisik, bahasa, interaksi sosial, dan emosi buah hati mereka.  Deteksi ini ditujukan untuk anak usia 2-6 tahun dengan durasi tes 2 (dua) jam.

Deteksi Kesiapan Sekolah

Tantangan masa depan yang kompleks memacu orang tua untuk mengenalkan sekolah sejak dini. Tanpa disadari, antisipasi yang dilakukan kadangkala  belum selaras dengan kesiapan mereka sehingga anak justru enggan ke sekolah atau ke sekolah tapi selalu menggangu temannya. Deteksi kesiapan sekolah akan membantu orang tua menilai kesiapan buah hati mereka belajar formal di kelas yang dilihat dari tingkat konsentrasi, pemahaman dan pengamatan kritis, daya ingat, dan kemampuan motorik halus.  Deteksi ini ditujukan untuk anak usia 4-7 tahun dengan durasi tes 1 (satu) jam.

Deteksi Bakat dan Minat

Hal baik yang orang tua arahkan kadang tidak sejalan dengan keinginan anak.  Deteksi bakat dan minat akan membantu orang tua mengetahui potensi dasar yang dimiliki anak sehingga menghasilkan saran pengembangan yang mengoptimalkan bakat dan minat mereka.  Secara spesifik, deteksi ini akan mengungkap kemampuan berpikir dan kecepatan menyelesaikan persoalan matematis, verbal dan non-verbal, memori, gambar dimensi dan kepribadian.  Deteksi ini ditujukan bagi siswa SD, SMP dan SMU dengan durasi tes 2 (dua) jam.

Deteksi Gaya Belajar

Perbedaan setiap anak dalam menangkap dan memahami informasi baru dipengaruhi oleh kepekaan indera dan gaya belajar.  Gambaran  proses belajar yang ideal, seperti duduk di depan meja belajar dalam suasana tenang, belum tentu disukai anak.   Deteksi gaya belajar akan membantu orangtua mengoptimalkan cara anak menyerap informasi.  Secara spesifik, deteksi ini akan mengungkap indera anak yang paling peka dalam menyerap informasi,  gaya berpikir mereka dalam mengatur dan menggunakan informasi yang diserap, mengenali situasi yang mendukung proses belajar, dan bagian otak (kanan atau kiri) yang mendominasi proses belajar.  Tes ini diperuntukkan bagi siswa SD, SMP dan SMU dengan durasi tes 1 (satu) jam.

Deteksi Kesesuaian Karir

Setiap orang tentu ingin karirnya terus menanjak. Kenyatanya, tidak selalu  karir dan harapan sejalan karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti, jenuh karena tuntutan target yang tinggi sementara lapangan kerja terbatas. Deteksi kesesuaian karir akan membantu individu mengetahui kemampuan intelektual mereka, sikap kerja, dan tipe kepribadian yang dihubungkan dengan minat pekerjaan agar karir optimal. Deteksi ini ditujukan bagi siswa SMU, mahasiswa dan pencari kerja dengan durasi tes 2 (dua) jam.

Deteksi Keharmonisan Rumah Tangga

Menikah adalah babak baru dalam kehidupan.  Adaptasi dengan pasangan adalah kunci keberhasilan sebuah pernikahan.   Deteksi keharmonisan rumah tangga akan membantu pasangan menggali karakter masing-masing lalu mencari titik toleransi berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Deteksi ini ditujukan untuk pasangan yang akan menikah atau pasangan yang telah menikah dengan durasi tes 1 (satu) jam.